MENGAPA PERLU ADANYA INOVASI DALAM PEMBELAJARAN?
Perkembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini telah menyebabkan banyak
perubahan di berbagai bidang. Perubahan karena perkembangan TIK ini juga dialami
di dalam dunia pendidikan. Arus pergerakan informasi yang cepat melalui TIK sangat
berpengaruh pada proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, kita sebagai guru harus mampu memanfaatkan perkembangan digital yang ada dengan melakukan inovasi
pembelajaran berbasis digital.
Inovasi
pembelajaran dengan memanfaatkan media digital merupakan suatu proses belajar
siswa yang dirancang dan dikembangkan dengan berbagai cara yang kreatif serta dengan
berbagai pendekatan agar dapat menciptakan proses pembelajaran yang kondusif
terhadap siswa dengan menggunakan perantara internet atau media digital.
Untuk
dapat melakukan inovasi pembelajaran, terdapat 4 langkah yang harus dilakukan
antara lain adalah sebagai berikut.
1. Identifikasi kondisi sosial siswa
2. Lakukan dialog dengan siswa untuk merancang pembelajaran
3. Akivitas siswa lebih ditonjolkan dalam pembelajaran
4. Gunakan lingkungan sebagai media pembelajaran
Penerapan
inovasi dalam proses pembelajaran penting untuk dilakukan agar membuat
pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menyenangkan bagi siswa. Dengan
melalukan inovasi pembelajaran maka dapat meningkatkan kualitas dan pencapaian
tujuan pembelajaran.
INOVASI PEMBELAJARAN MEMANFAATKAN PORTAL RUMAH BELAJAR + PLATFORM MERDEKA MENGAJAR + LIVE WORKSHEET + QUIZIZZ DENGAN MENGANGKAT KEARIFAN LOKAL
Saat ini saya merupakan guru kelas V di SD Inpres Ohe, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sebagai guru di sekolah dasar, pembelajaran berbasis tekonologi/digital harus sudah mulai dilakukan. Berikut adalah salah satu inovasi pembelajaran yang saya lakukan dengan memanfaatkan TIK dan mengintegrasikan kearifan lokal di dalamnya.
Sebelum
melaksanakan pembelajaran, tentunya seorang guru harus mendesain proses
pembelajaran dengan perangkat ajar yang jelas. Oleh karena itu, saya
memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar dengan fitur video inspirasi dan bukti
karya untuk menemukan referensi inovasi pembelajaran. Selain itu, untuk
membantu saya dalam membuat perangkat ajar, saya memanfaatkan fitur perangkat
ajar. Berdasarkan referensi yang ada tersebut, saya kemudian mendesain atau
menyesuaikannya dengan karakteristik siswa maupun sekolah saya.
Salah satu materi yang saya ajarkan di kelas V adalah tentang sistem pencernaan manusia pada mata pelajaran IPA tema Makanan Sehat. Dalam pembelajaran ini, saya menggunakan model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE).
Untuk dapat mengembangkan pembelajaran, saya juga memanfaatkan Portal Rumah Belajar, khususnya pada fitur sumber belajar dan buku sekolah elektronik. Pada fitur sumber belajar, saya menggunakan video pembelajaran yang sesuai dengan materi yang saya ajarkan. Selain itu, saya juga menggunakan fitur buku sekolah elektronik sebagai referensi bagi siswa.
Proses pembelajaran saya lakukan dengan memanfaatkan Live Worksheet yang diakses melalui chromebook. Di dalam Live Worksheet tersebut sudah saya tautkan link video yang saya ambil dari fitur Sumber Belajar pada Portal Rumah Belajar. Selain itu, saya juga menautkan link refrensi materi yang saya ambil dari fitur Buku Sekolah Elektronik pada Portal Rumah Belajar. Ada pun setelah siswa mengamati video dan referensi materi yang telah saya tautkan, siswa mengerjakan Lembar Kerja Siswa yang sudah saya masukkan ke dalam Live Worksheet.
Dalam
pembelajaran ini juga saya berusaha mengangkat salah satu kearifan lokal yang
ada yakni tentang makanan lokal. Makanan lokal ini saya
kaitkan dengan materi sistem pencernaan terkait makanan yang bergizi sebagai
salah satu cara menjaga kesehatan tubuh/sistem pencernaan manusia. Siswa
melalui diskusi dengan menggunakan Live Worksheet
diminta untuk menggali informasi tentang kandungan/gizi pada makanan lokal
yang ada.
Setelah
berdiskusi, siswa kemudian mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas untuk
mendapat tanggapan atau masukkan dari teman-temannya maupun dari guru. Selanjutnya dilakukan
penguatan pada materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Untuk mengecek pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan maka siswa selanjutnya
mengerjakan soal evaluasi. Agar evaluasi berjalan dengan menarik, maka saya
menggunakan Quizizz dalam proses evaluasi pembelajaran.
Melalui
pembelajaran yang saya lakukan dengan memanfaatkan model pembelajaran SOLE maka
siswa tertantang untuk menginvestigasi atau menggali informasi tentang materi
pembelajan dari berbagai sumber belajar. Selain itu, siswa terlihat lebih
senang dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan saya
menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Siswa dapat menonton video
pembelajaran yang menarik dan juga dapat mencari informasi tentang materi
melalui referensi buku sekolah elektronik yang ada. Ada pun LKS yang diberikan lewat Live Worksheet dalam bentuk digital
membuat siswa semakin bersemangat untuk
mengerjakan tugas yang diberikan dalam LKS. Selain itu, dengan mengangkat
kearifan lokal berupa makanan lokal membuat siswa merasa bahwa materi yang
diajarkan dekat dengan kehidupan mereka dan membuat mereka dapat semakin
menggali kearifan lokal yang ada di tempat tinggal mereka. Keberhasilan
pembelajaran yang dilaksanakan ini juga dapat terlihat melalui hasil evaluasi
yang menunjukkan nilai siswa yang memenuhi target pembelajaran.
Inovasi
pembelajaran yang saya lakukan dapat dilihat melalui video berikut ini.
Demikianlah
contoh inovasi pembelajaran kolaboratif berbasis TIK dengan mengangkat kearifan
lokal yang saya lakukan. Semoga dapat menjadi referensi bagi sahabat sekalian
dalam mendesain pembelajaran yang inovatif bagi siswa.
Sebagai
upaya berkolaborasi dan bertransformasi menumbuhkan ekosistem digital menuju
merdeka mengajar maka saya berkolaborasi dengan Sahabat Rumah Belajar lainnya
untuk berkolaborasi dan berbagi praktik baik yang saya lakukan kepada
rekan-rekan guru lain agar dapat menjadi referensi bagi guru lain dalam
melakukan inovasi daam pembelajaran.
Kegiatan
berbagi dan berkolaborasi dapat diakses melalui link berikut ini.
SRB BERAKSI (Sahabat Rumah Belajar BERbagi prAKtik inovaSI)
Semakin mantap inovasi yang dilakukan. Semoga kearifan lokal tetap terjaga untuk generasi kita
ReplyDelete